Pertemuan 8 Cost of Quality and Accounting for Production Losses



Bab 7 
Biaya Mutu dan Akuntansi untuk Kehilangan dalam Proses Produksi

A. Biaya Mutu 
Sampai batas tertentu, biaya mutu seringkali disalahartikan. Biaya mutu tidak hanya terdiri atas biaya untuk mencapai mutu, tetapi juga biaya yang terjadi karena kurangnya mutu. Untuk  memahami biaya mutu, jenis biaya mutu harus diidentifikasi dan dibedakan.

Jenis Jenis Biaya Mutu:
1. Biaya Pencegahan atau prevemtif adalah biaya yang terjadi untuk mencegah terjadinya kegagalan produk. Biaya pencegahan adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendesain produk dan sistem produksi bermutu tinggi, termasuk biaya untuk menerapkan dan memelihara sistem sistem tersebut. 
2. Biaya Penilaianadalah biaya yang terjadi untuk mendeteksi  kegagalan produk. terdiri atas biaya inspeksi danpengujian bahan baku, inspeksi produk selama dan setelah proses produksi, serta biaya untuk memperoleh informasi dari pelanggan mengenai kepuasan mereka atas produk tersebut. 
3. Biaya Kegagalan adalah biaya yang terjadi saat produk gagal. Kegagalan itu tersebut dapat terjadi secara internail maupun eksternal. biaya internal adalah biaya yang terjadi selama proses produksi sementara biaya eksternal adlah biaya yang terjadi setelah produk dijual. 


B. Manajemen Mutu Total
Manajemen Mutu Total adalah pendekatan tingkat perusahaan atas perbaikan mutu di semua proses dan aktivitas.karena proses produksi perusahaanberbeda dengan perusahaan lain, mendekatan TQM berbeda jauh. Namun, karakteristik yang bersifat umum untuk semuanya meliputi 
1. tujuan perusahaan atas semua aktivitas biasnisnya adalah untuk melayani pelanggan.
2. manajemen puncak memimpin secara aktif dalam perbaikan mutu.
3. semua karyawan terlibat secara aktif dalam perbaikan mutu.
4. Perusahaan memiliki sistem untuk mengidentifikasi masalah mutu, mengembangkan solusi, dan menetapkan tujuan perbaikan mutu.
5. perusahaan menghargai karyawannya dan  memberiakan pelatihan terus menerus serta pengakuan atas pencapaian

C. Definisi Scrap, Spoilage, Rework
1. Definisi Scrap
Scrap merupakan barang atau bahan sisa produksi yang tidak dapat digunakan lagi dalam proses produksi perusahaan, tetapi masih memiliki nilai jual (salvage value) walaupun kecil. Contoh scrap misalkan saja adalah sisa gergajian kayu pada pabrik pemotongan kayu.
2. Definisi spoil product
Spoil product atau barang rusak merupakan barang yang rusak atau cacat atau tidak memenuhi standar yang dipersyaratkan dan tidak bisa diperbaiki atau dikerjakan ulang agar kembali dapat memenuhi standar.
3. Definisi rework
Rework Product adalah barang yang dilakukan pemrosesan/pengerjaan ulang oleh perusahaan, dikarenakan barang tersebut tidak memenuhi standar yang telah dipersyaratkan. Dengan demikian, rework berbeda dengan spoil product, karena atas rework dapat dikerjakan ulang atau dapat diperbaiki.

D. Pencatatan Akuntansi untuk COQ pada Metode Pesanan




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 12 FOH : Departmentalization

Pertemuan 12 JIT dan Backflush Costing